Nomor Call Center BPJS Kesehatan, moxa.id — BPJS Kesehatan adalah program jaminan kesehatan yang dikelola oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) di Indonesia. BPJS merupakan badan hukum publik, yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden serta bertugas untuk menyelenggarakan Jaminan Kesehatan Nasional kepada seluruh masyarakat Indonesia.
Bagi kamu yang mengalami kendala ketika menggunakan BPJS, kamu dapat menghubungi call center BPJS. BPJS memiliki banyak kanal yang dapat dihubungi saat peserta mengalami kendala dan bagi peserta yang membutuhkan informasi seputar kesehatan BPJS kesehatan. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.
Nomor Call Center BPJS Kesehatan dan Layanan Lainnya
Berikut ini nomor call center BPJS Kesehatan yang bisa kamu hubungi:
1. Care Center 165
Care Center 165 merupakan nomor layanan pengganti yang sebelumnya memiliki nomor 1500400. BPJS Care Center 165 adalah layanan tanpa tatap muka yang digunakan melalui telepon dan dapat diakses selama 24 jam.
Beberapa layanan yang disediakan oleh nomor ini di antaranya seperti informasi tagihan iuran dan pengecekan status peserta. Selain itu, kamu juga dapat melakukan perubahan data, sampai pengaduan langsung program JKN-KIS.
Menghubungi call center BPJS Kesehatan tidak gratis, tapi dikenakan biaya sesuai tarif yang dikenakan oleh provider kamu. Apabila kamu menghubungi melalui telepon rumah maka kamu akan dikenakan tarif lokal.
2. Layanan Chika BPJS Kesehatan
Chika (Chat Assistant JKN) merupakan layanan dari BPJS Kesehatan yang kamu dapat hubungi melalui aplikasi WhatsApp di nomor 08118750400. Adapun menu dari layanan Chika adalah sebagai berikut:
-
- Panduan layanan.
- Cek status peserta.
- Cek tagihan iuran.
- Mencari lokasi kantor BPJS Kesehatan dan Fasilitas Kesehatan.
- Screening kesehatan dan info JKN.
- Layanan Pandawa.
Baca Juga: Cara Daftar BPJS Kesehatan 2023 melalui Online dan Langsung
3. Layanan Pandawa BPJS Kesehatan
Pandawa merupakan kanal layanan administrasi tanpa kontak fisik atau tatap muka antara kamu dan frontliner.
Akses Pandawa dapat melalui WhatsApp dan ditujukan untuk memfasilitasi kamu dalam mendapatkan layanan administrasi kepesertaan. Pandawa juga dapat diakses oleh peserta melalui nomor 08118165165.
4. Media Sosial BPJS Kesehatan
Pada media sosial BPJS Kesehatan kamu dapat mengirimkan pengaduan dan pertanyaan terkait layanan BPJS Kesehatan melalui akun resmi BPJS Kesehatan, berikut ini:
- Twitter: https://twitter.com/BPJSKesehatanRI
- Instagram: https://www.instagram.com/bpjskesehatan_ri/
Aplikasi Mobile JKN
Selain call center dan beberapa layanan online di atas, BPJS Kesehatan juga memiliki aplikasi mobile yang mempunyai banyak fitur.
Aplikasinya bernama Mobile JKN yang dapat di download di Play Store dan App Store. Berikut adalah fitur pada aplikasi:
1. Pendaftaran Peserta Baru
Calon peserta JKN yang belum terdaftar dapat mendaftar sebagai peserta baru melalui aplikasi ini.
2. Cek Kepesertaan
Peserta JKN dapat melakukan pengecekan status kepesertaan mereka melalui aplikasi ini.
3. Pembayaran Iuran
Peserta JKN dapat melakukan pembayaran iuran melalui aplikasi ini dengan mudah dan cepat.
4. Cari Faskes
Peserta JKN dapat mencari fasilitas kesehatan (Faskes) terdekat yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan melalui aplikasi ini.
5. Booking Faskes
Peserta JKN dapat melakukan pemesanan kunjungan ke Faskes yang telah dipilih melalui aplikasi ini.
Baca Juga: BPJS Tidak Aktif? Ini 4 Cara Cepat Mengaktifkannya Lagi!
6. Riwayat Kesehatan
Peserta JKN dapat melihat riwayat pengobatan dan resep obat yang telah diberikan oleh dokter melalui aplikasi ini.
7. Chat dengan Customer Service
Peserta JKN dapat menghubungi customer service BPJS Kesehatan melalui fitur chat yang tersedia dalam aplikasi ini.
8. Fitur Telemedicine
Peserta JKN dapat melakukan konsultasi dokter secara online melalui fitur telemedicine yang tersedia dalam aplikasi ini.
9. Laporan Klaim
Peserta JKN dapat melaporkan klaim biaya pengobatan melalui aplikasi ini dengan mudah dan cepat.
10. Fitur Edukasi Kesehatan
Peserta JKN dapat memperoleh informasi tentang kesehatan dan tips-tips kesehatan dari fitur edukasi kesehatan yang tersedia dalam aplikasi ini.
11. Notifikasi
Aplikasi mobile JKN juga memberikan notifikasi untuk mengingatkan peserta JKN tentang jadwal pembayaran iuran dan janji temu dengan dokter.
Itulah dia nomor call center BPJS Kesehatan dan layanan online lainnya yang dapat kamu gunakan untuk memudahkan kamu mendapatkan informasi tentang BPJS Kesehatan. Jangan lupa juga untuk memanfaatkan fitur-fitur yang ada di aplikasi Mobile JKN.
Dapatkan informasi menarik lainnya hanya di aplikasi Moxa, aplikasi keuangan terintegrasi dari Astra Financial. Nikmati berbagai fitur menarik mulai dari asuransi, kredit, pinjaman, hingga investasi hanya dalam satu aplikasi. Download Moxa sekarang juga!